Blog

Kenapa harus motion graphic?

Apr 04, 2022

headline-berita-terbaru-01

Motion Graphics adalah percabangan dari Seni Desain Graphics yang penggabungan dari, Ilustrasi, Tipografi, Fotografi dan Videografi dengan menggunakan teknik Animasi. Motion Graphics terdiri dari dua kata, Motion yang berarti Gerak dan Graphics atau yang sering kita kenal dengan istilah Grafis. 

 

Nama Motion Graphic diperkenalkan oleh Trish dalam buku Chris Meyer. tentang penggunaan Adobe After Effects dengan judul "Menciptakan Motion Graphics". Di sinilah perangkat lunak berspesialisasi dalam proses pembuatan video.

 

Motion graphics atau grafis gerak adalah istilah yang digunakan untuk semua jenis gerakan grafik, termasuk elemen 3D, cell animation, animasi stop motion, video digital, film dan banyak jenis grafik gerak lainnya. Perancang grafik ini memberikan informasi melalui grafik sambil membimbing pembaca melalui cerita dengan cara tertentu. 

 

Jika Graphic Designer membuat Brosur, Flyer, Banner dan sebagainya untuk kebutuhan percetakan, maka Motion Graphics Designer bekerja untuk menggerakan atau menghidupkannya untuk kebutuhan audio visual.

 

Motion graphic akan menjadi sebuah bidang yang terus berkembang. Terutama karena teknologi yang akan terus berkembang, para pembuat film dan produser video memperluas imajinasi untuk menciptakan desain yang mengesankan dan motion graphic menjadi salah satu media yang mereka gunakan. Motion graphic membantu hasil akhir video, film, bahkan situs web dan aplikasi terlihat sangat berbeda.